Daftar Nama Pegunungan dan Gunung Berapi di Pulau Bali

Daftar nama pegunungan dan gunung berapi di Pulau Bali Indonesia, Gunung Agung & Gunung Batur menjadi tempat favorit untuk mendaki dan trekking di Bali

Gunung di Bali dan juga gunung berapi, pulau Bali selain sebagai tempat wisata yang mempunyai pantai yang indah dan budaya yang unik, pulau dewata juga mempunyai jejeran pegunungan dan juga gunung berapi aktif.

Pegunungan dan gunung berapi yang ada di pulau Bali juga banyak dikenal oleh pendaki gunung baik lokal maupun pendaki mancanegara sebagai tempat favorit untuk mendaki dan trekking ketika mereka liburan di Bali. Dibawah ini adalah daftar/list nama pegunungan dan gunung api yang ada di pulau Bali.

Gunung Tinggi Lokasi
Agung 3,142 m Karangasem
Abang 2,152 m Bangli
Adeng 1,826 m Tabanan
Batukaru 2,276 m Tabanan
Batur 1,717 m Bangli
Banyu Wedang 430 m Buleleng
Catur 2,098 m Tabanan
Klatakan/Kelatakan 698 m Jembrana
Kutul 842 m Buleleng
Lempuyang/Seraya 1,058 m Karangasem
Lesung/Lesong 1,860 m Buleleng
Lok Badung 1,028 m Buleleng
Merbuk 1,356 m Jembrana
Mesehe 1,300 m Jembrana
Musi 1,215 m Jembrana
Mundi 529 m Klungkung
Ngandang 622 m Jembrana
Patas 1,414 m Buleleng
Penulisan 1,745 m Bangli
Pohen/Pohang 2,089 m Tabanan
Prapat Agung 310 m Buleleng
Sanghyang/Sengjang 2,087 m Tabanan
Sangiang 1,004 m Jembrana
Sidemen 826 m Karangasem
Silang Jana 1,903 m Buleleng

Agung

Gunung Agung adalah yang tertinggi di Bali (3,142 mdpl), berdiri dan terbentang di bagian tengah-timur dari pulau Bali, berlokasi di Kabupaten Karangasem. Secara geologis, Gunung Agung adalah sebuah stratovolcano aktif, dan telah memiliki letusan besar di masa lalu, yang paling signifikan adalah pada tahun 1963. Tetapi semenjak letusan terakhir tahun 1963, tidak ada lagi aktifitas vulkanik sampai hari ini, bisa dikatakan bahwa gunung Agung sedang tidur sekarang.

Menurut masyarakat Hindu di Bali, Agung adalah gunung yang paling suci di Bali dan sebagai tempat sakral bagi pura yang terbesar di Bali yaitu Pura Besakih. Agung sangat populer dengan pendaki gunung dan trekker, gunung Agung sangat terkenal dengan pendakian matahari terbit (sunrise trekking) tetapi karena kesulitannya, gunung Agung kurang terkenal bagi turis dibandingkan dengan gunung Batur.

Gunung berapi Agung
Pura Besakih dan Gn. Agung dibelakangnya

Letusan Gunung Agung
Letusan Gn. Agung - Mei 1963

Gunung Agung meletus pada Mei 1963, dengan Pura Besakih di lereng depannya. Letusan Gunung Agung menyebabkan banyak kesulitan dan penderitaan di Bali selama dan setelah 1963. Gunung berapi ini sebelumnya tidak meletus dalam catatan sejarah. Letusan terjadi pada saat pelaksanaan upacara keagamaan Eka Dasa Rudra yang diadakan pada setiap 100 tahun sekali di Pura Besakih.

Batur

Gunung Batur adalah sebuah stratovolcano kecil di utara-tengah pulau Bali terletak di Kabupaten Bangli. Batur memiliki ketinggian 1,717 meter dan memiliki beberapa kawah. Gunung Batur terletak dalam kaldera besar, terdapat sisa-sisa letusan dahsyat pada masa prasejarah dari gunung berapi yang pernah memiliki ketinggian lebih dari 4,000 meter ini.

Batur adalah gunung berapi yang masih tetap aktif sampai hari ini dan telah tercatat meletus lebih dari 20 kali dalam dua abad terakhir. Letusan besar terjadi pada tahun 1917, 1926 dan 1963 (tahun yang sama dengan letusan besar gunung Agung), sehingga membuat gunung Batur adalah gunung berapi yang paling aktif di pulau dewata Bali.

Gunung Batur adalah tempat populer untuk mendaki di kalangan wisatawan dan menjadi tempat wisata favorit untuk trekking di Bali, Batur sangat populer untuk pendakian pada waktu matahari terbit (sunrise trekking), pada puncaknya bebas dari tutupan hutan, sehingga menawarkan pemandangan yang indah, spektakuler dan mudah diakses. Istilah "Batur" sering merujuk pada seluruh kaldera, termasuk gunung Abang, puncak ketiga tertinggi di Bali yang terletak di sepanjang pinggirannya.

Pegunungan dan Gunung Berapi di Pulau Bali Indonesia
Dari kiri: Batur, Abang dan Agung

Batukaru

Gunung Batukaru juga dieja Batukau atau Watukaru adalah gunung tertinggi kedua di Bali dengan ketinggian 2,276 meter, terletak di Kabupaten Tabanan. Batukaru berasal dari kata Bali "Batu/Watu" berarti "batu", dan "Karu/Kau" berarti "batok/tempurung kelapa" dalam bahasa Bali. Batukaru adalah puncak tertinggi di daerah vulkanik Bedugul tetapi tidak aktif sampai sekarang.

Gunung Batukaru juga disucikan oleh masyarakat Hindu Bali, dan memiliki sebuah tempat suci di lereng selatannya yaitu Pura Luhur Batukaru. Batukaru relatif tidak populer bagi kalangan pendaki untuk pendakian karena tertutup hutan lebat yang membatasi pandangan. Batukaru memiliki kawah besar, yang terbesar di Bali, tapi kawah ini terbuka di ujung selatan, membebaskan sungai Yeh Mawa untuk mengalir.

Abang

Gunung Abang (2,152 mdpl) adalah titik tertinggi di rim kaldera Batur, tertinggi ketiga di Bali, terletak di Kabupaten Bangli dan Abang terletak di sebelah timur Danau Batur, Gn. Abang sebelumnya adalah bagian asli dari gunung Batur, tetapi ketika gunung berapi dengan ketinggian 4,000 meteran ini memiliki letusan besar di zaman prasejarah, kemudian tidak meninggalkan apa-apa kecuali sebuah kaldera besar dan kerucut kecil.

Abang bukanlah puncak yang populer di kalangan petualang pendaki gunung, meskipun tidak sulit untuk pendakiannya, tetapi pemandangan yang sangat indah dari Gn. Batur dan danau Batur bisa kita lihat dari puncak Gn. Abang.

Adeng

Gunung Adeng adalah sebuah stratovolcano tidak aktif di daerah vulkanik Bedugul . Adeng memiliki ketinggian 1,826 meter dan terletak di Kabupaten Tabanan.

Lesung/Lesong

Gunung Lesung juga disebut Lesong adalah sebuah stratovolcano tidak aktif di wilayah vulkanik Bedugul, tepat di sebelah selatan Danau Tamblingan, yang terletak di Kabupaten Buleleng. Lesung memiliki kawah besar di puncaknya, lebih dari setengah ukuran Gn. Agung. Puncak tertinggi gunung Lesung adalah 1,860 meter di atas permukaan laut. Meskipun Lesung telah pernah didaki, pendaki biasanya menghindari perjalanan panjang melalui hutan lebat untuk mencapai puncaknya.

Gunung Lesung
Gn. Lesung dan Danau Tamblingan, Bali

Catur

Gunung Catur (2,098 mdpl), kadang-kadang juga dieja Catu dan orang-orang Bali biasa menyebutnya Puncak/Pucak Mangu, adalah titik tertinggi sepanjang tepi kaldera Bedugul, dan tertinggi keempat di Bali dan Catur terletak di Kabupaten Tabanan dan juga kabupaten Badung. Catur terletak di sebelah timur Danau Beratan dan cukup populer di kalangan pendaki dan trekker meskipun hutan lebat menutupi pandangan. Pura Hindu Bali (Pura Pucak Mangu) juga terletak di sini.

Lempuyang/Seraya

Gunung Lempuyang, juga disebut Bukit Belibis/Bisbis dan Gunung Seraya, terletak di Kabupaten Karangasem, di ujung paling timur dari pulau dewata Bali, disebelah timur Gunung Agung. Puncak nya pada ketinggian 1,058 mdpl ada pada tepi selatan dari kaldera. Pura Luhur Lempuyang adalah salah satu dari sembilan pura utama di Bali yang terletak di lereng barat Gn. Lempuyang.

Sanghyang/Sengjang

Gunung Sanghyang juga disebut Sengjang atau Sengayang adalah sebuah stratovolcano tidak aktif di daerah vulkanik Bedugul. Tinggi totalnya adalah 2,087 mdpl dan terletak di Kabupaten Tabanan dan menjadi keenam tertinggi di Bali. Sanghyang hampir sepenuhnya diabaikan oleh pendaki karena situasi yang terisolasi di bagian utara dari Gunung Batukaru, sebelah barat dari Gn. Adeng dan Gn. Pohen, dan di sebelah selatan dari Gn. Lesung.

Prapat Agung

Gunung Prapat Agung adalah gunung kecil di semenanjung di ujung barat laut Bali. Prapat Agung adalah bagian dari Taman Nasional Bali Barat dengan ketinggian 310 meter, yang terletak di Kabupaten Buleleng. Prapat Agung sebagian besar terdiri dari batu kapur, menjadikannya salah satu dari tiga tempat di Bali yang terdapat batu kapur (tempat yang lainnya adalah Bukit Jimbaran dan Nusa Penida).

Pohen/Pohang

Gunung Pohen/Pohang adalah sebuah stratovolcano tidak aktif di wilayah Bedugul, yang terletak di Kabupaten Tabanan. Pohen terletak di sebelah barat daya dari Bedugul sendiri. Tingginya adalah 2,089 mdpl menjadikannya sebagai puncak kelima tertinggi di Bali.

Klatakan/Kelatakan

Gunung Kelatakan/Klatakan mempunyai ketinggian 698 m, terletak di Kabupaten Jembrana, di bagian barat dari pulau Bali.

Sangiang

Gunung Sangiang berlokasi di bagian Kabupaten Jembrana, total ketinggiannya adalah 1,004 m.

Merbuk

Gunung Merbuk tingginya adalah 1,356 m, terdapat di daerah Jembrana.

Mesehe

Gunung Mesehe dengan tinggi 1,300 m, terletak di Kabupaten Jembrana Bali.

Ngandang

Gunung Ngandang berlokasi di Jembrana dengan total tinggi 622 m.

Musi

Gunung Musi tingginya adalah 1,215 meter, juga terletak di Kabupaten Jembrana Bali adalah sebuah bukit yang tepatnya berada di timur gunung Mesehe dan di sebelah utara Taman Nasional Bali Barat.

Gunung Musi
Gn. Musi - foto via Santai Area

Mundi

Gunung Mundi berlokasi di Kabupaten Klungkung, dengan ketinggian mencapai 529 m. Klungkung hanya mempunyai satu gunung di daerah teritorinya.

Penulisan

Gunung Penulisan juga disebut Bukit Penulisan, dengan ketinggian 1,745 mdpl, terletak di kabupaten Bangli. tempat suci yang dikenal luas dan sakral bagi masyarakat Hindu Bali yaitu Pura Pucak Penulisan yang juga terletak disini.

Sidemen

Gunung Sidemen dengan tinggi 826 meters berlokasi di Karangasem Bali.

Banyu Wedang

GUnung Banyu Wedang terletak di Buleleng Bali,dengan total tinggi 430 m.

Patas

Gunung Patas mempunyai ketinggian 1,414 mdpl dan terletak di Kabupaten Buleleng.

Lok Badung

Gunung Lok Badung terletak di daerah Buleleng dengan tinggi mencapai 1,028 meter.

Kutul

Gunung Kutul berlokasi di Kabupaten Buleleng dengan total ketinggian 842 meter.

Silang Jana

Gunung Silang Jana juga terletak di Buleleng dengan tinggi mencapai 1,903 meter.

Referensi : Wikipedia, Badan Pusat Statistik Provinsi Bali
Permalink: Daftar Nama Pegunungan dan Gunung Berapi di Pulau Bali | Bali Glory

Bagikan: